Saturday 27 July 2013

Writing In The Here And Now (Menulis Pengalaman secara Langsung)


Writing In The Here And Now (Menulis Pengalaman secara Langsung

*Guru memilih jenis pengalaman yang diinginkan untuk ditulis oleh peserta didik. Ia bisa berupa peristiwa masa lampau atau yang akan datang. Guru menginformasikan kepada peserta didik tentang pengalaman yang telah dipilih untuk tujuan penulisan reflektif. Guru memberitahu mereka bahwa cara yang berharga untuk merefleksikan pengalaman adalah mengenangkan atau mengalaminya untuk pertama kali di sini dan saat sekarang. Dengan demikian tindakan itu menjadikan pengaruh lebih jelas dan lebih dramatik dari pada menulis tentang sesuatu di "sana dan kemudian" atau di masa depan yang jauh.
*Guru memerintahkan peserta didik untuk menulis, saat sekarang, tentang pengalaman yang telah dipilih. Perintahkan mereka untuk memulai awal pengalaman dan menulis apa yang sedang mereka dan lainnya lakukan dan rasakan. Guru menyuruh peserta didik untuk menulis sebanyak mungkin yang mereka inginkan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dan perasaan-perasaan yang dihasilkannya.
*Guru memberikan waktu yang cukup untuk menulis. Peserta didik seharusnya tidak merasa terburu-buru. Ketika mereka selesai, guru mengajak mereka untuk membacakan tentang refleksinya.
* Guru mendiskusikan hasil pengalaman peserta didik tersebut bersama-sama.
* Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.

0 comments:

Post a Comment

Coretanku

My photo
Guru itu pahlawan dalam segala hal, bagi muridnya, bagi anak - anaknya dan bagi keluarganya... lelah yang ada hilang saat melihat senyum bahagia di wajah mereka