Saturday 27 July 2013

Reading Aloud (Strategi Membaca dengan Keras)


Reading Aloud (Strategi Membaca dengan Keras

l  Guru memilih sebuah teks yang cukup menarik untuk dibaca dengan keras, misalnya tentang manasik haji. Guru hendaknya membatasi dengan suatu pilihan teks yang kurang dari 500 kata.
l  Guru menjelaskan teks itu pada peserta didik secara singkat. Guru memperjelas poin-poin kunci atau masalah-masalah pokok yang dapat diangkat.
l  Guru membagi bacaan teks itu dengan alinea-­alinea atau beberapa cara lainnya. Guru menyuruh sukarelawan-sukarelawan untuk membaca keras bagian-bagian yang berbeda.
l  Ketika bacaan-bacaan tersebut berjalan, guru menghentikan di beberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu, kemudian guru memunculkan beberapa pertanyaan, atau memberikan contoh-contoh. Guru dapat membuat diskusi-diskusi singkat jika para peserta didik menunjukkan minat dalam bagian tertentu. Kemudian guru melanjutkan dengan menguji apa yang ada dalam teks tersebut.
l  Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut

0 comments:

Post a Comment

Coretanku

My photo
Guru itu pahlawan dalam segala hal, bagi muridnya, bagi anak - anaknya dan bagi keluarganya... lelah yang ada hilang saat melihat senyum bahagia di wajah mereka