Reading Aloud (Strategi Membaca dengan Keras)
l Guru memilih sebuah teks yang cukup menarik untuk dibaca dengan keras,
misalnya tentang manasik haji. Guru hendaknya membatasi dengan suatu pilihan
teks yang kurang dari 500 kata.
l Guru menjelaskan teks itu pada peserta didik secara singkat. Guru memperjelas
poin-poin kunci atau masalah-masalah pokok yang dapat diangkat.
l Guru membagi bacaan teks itu dengan alinea-alinea atau beberapa cara
lainnya. Guru menyuruh sukarelawan-sukarelawan untuk membaca keras
bagian-bagian yang berbeda.
l Ketika bacaan-bacaan tersebut berjalan, guru menghentikan di beberapa
tempat untuk menekankan poin-poin tertentu, kemudian guru memunculkan beberapa
pertanyaan, atau memberikan contoh-contoh. Guru dapat membuat diskusi-diskusi
singkat jika para peserta didik menunjukkan minat dalam bagian tertentu.
Kemudian guru melanjutkan dengan menguji apa yang ada dalam teks tersebut.
l Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut
0 comments:
Post a Comment